5/1/12

Kota Kreatif, I amsterdam

 
Amsterdam adalah kota para pesepeda
Amsterdam adalah pusat di mana budaya Belanda dan dunia dilestarikan
Amsterdam adalah kota beribu kanal unik
Amsterdam adalah kota kebanggaan dari 700ribu penduduk kreatif


Amsterdam, kota di Belanda yang sangat fantastis. Di pelajaran sejarah atau geografi kita mengenal Amsterdam sebagai ibukota Belanda juga sebagai kota pelabuhan penting di Eropa bahkan dunia! Di samping peradabannya yang sudah sangat maju dan berkembang, Amsterdam tidak tinggal diam. Terus mengikuti perkembang zaman, sejak tahun 2004 Amsterdam telah mempromosikan dirinya sebagai kota wisata dengan city branding I amsterdam. Yah cukup menarik dan kreatif dengan slogan yang benar-benar gampang sekali diingat.

Branding Kota Amsterdam ini memiliki arti yang sederhana tapi bermakna luas. Menurut situs resmi www.iamsterdam.com slogan I amsterdam mengindikasikan bahwa penduduk kota Amsterdam bangga menjadi warga kota budaya ini. Amsterdam adalah kota yang berdimensi positif dengan segala keunikan yang ada di dalamnya, baik untuk penduduk maupun untuk pendatang dan wisatawan. Slogan I amsterdam juga secara tidak langsung mengindikasikan bagaimana kreatifnya para penduduk Amsterdam dan Belanda pada umumnya. Simple but touching :)

Menurut Avraham dan Daugherty (2009) city branding merupakan salah satu tindakan publikasi dan pemasaran yang disengaja untuk mengkomunikasikan suatu lokasi kepada audiens sasaran. Ya, ini sangat tepat dengan maksud dari I amsterdam!

Dutch is creative.

Dengan pencanangan I amsterdam tentu Pemerintah Belanda ingin menunjukkan kepada dunia bagaimana Amsterdam dan isinya. Tentu saja Amsterdam ingin menunjukkan pada dunia kotanya yang bersih, masyarakatnya yang ramah dan gemar bersepeda, kanal-kanal yang unik, dan kesenian yang tidak ditemukan di tempat lain. Amsterdam berhasil memadukan inovasi dan kreativitas. Setiap harinya para teknisi pintar Amsterdam harus mempersiapkan kota yang cantik dan fungsional ini tetap hidup di bawah permukaan air laut. Tidak semua kota bisa melakukannya. Itulah Amsterdam, itulah Belanda :)

Kanal Amsterdam yang Fungsional (Sumber: amsterdamcitycruises.nl)

Salah Satu Pameran Seni (sumber: venere.com)

Siap Bersepeda di Amsterdam? (Sumber: thesolutionsjournal.com)

Amsterdam Kota 1000 Museum, Di Atas Koleksi dari Cobra Museum (Sumber: www.iamsterdam.com)

Taman Bunga Tulip Keukenhof yang Fantastis (Sumber: luxique.com)
Dari branding ini tentu saja sudah dipastikan wisatawan tertarik untuk mengunjungi Amsterdam. Investasi meningkat, penduduk pun menjadi semakin nyaman hidup di kota ini. Apalagi wisatawan?

Jadi siapkah kita untuk berkata I amsterdam? :)

1 comment:

  1. Actually without branding the city, a lot of people would love to come to Amsterdam, for any reason haha.
    Amsterdam has a great and big historical background that characterized the city, physical and the activities within. The government itself manage the city so well including the branding, lifting the city whether as a good place to study, to have a holiday, etc.
    It is indeed a creative city. A creative city means that it can make the people living there become creative, in theoretical way maybe haha.

    ReplyDelete

We highly appreciate your opinion!
Terima kasih atas komentarnya!