4/29/09

Ada Apa dengan Planologi (PART II) ?



Haha kali ini aku pengen bahas lagi tentang jurusan TEKNIK PLANOLOGI. huah mang si teknik planologi masi dipandang sebelah mata. masi banyak juga yang nanya apa si teknik plano itu. so, aku pengen menjabarkan apa teknik planologi itu mulai dari pengertiannya ampe peluang kerjanya.

Teknik Planologi itu secara khusus 'dinobatkan' sebagai kuliah yang mempelajari penataan kota. penataan ini bisa diartikan penataan taman, lingkungan, DAS (daerah aliran sungai), ampe resort wisata. plano bisa juga secara umum digambarkan sebagai 'perencana'. nah dari itu juga plano juga bisa berpeluang di bisnis karena punya ilmu perencanaan. perlu diketahui juga teknik planologi itu masuk dalam rantai ARSIP: ARSITEK-SIPIL-PLANOLOGI (btw singkatannya si aku ngarang :P). kalo arsitek tu merancang bangunan lebih spesifik, kalo plano merancang penataan bangunan2 itu, sedangkan sipil memikirkan secara metode fisika bahan2 bangunan dan perhitungan kekokohan bangunan. jadi bayangan mudah buat teknik planologi itu ya ARSITEKNYA KOTA.

Kalo dari mata internasional kurang tau juga istilahnya. Ada yang bilang city planning engineer, ada juga municipal engineer. yang pasti lingkupnya masuk ke civil engineer. Tapi, dari buku MY FUTURE buatan Australian Education Centre, teknik perkotaan diterjemahkan ke municipal engineer (municipal: hal2 yang berhubungan dengan kota). Kalo mo coba2 search engine di google universitas luar lebih mengenalnya urban planning. jadi buat lulusan teknik plano yang pengen ke luar negeri lanjutin kuliah juga bisa. Yang aku tau ada 2 universitas di Australia yang nyediain program Urban planning yaitu University of Queensland (masuk 100 universitas terbaik dunia lo) dan Griffith University.

oke, sekarang masalah pekerjaan. dari hasil googling banyak juga ko lowongan kerja planologi. dari hasil2nya kebanyakan ya itu membutuhkan lulusan rantai ARSIP. jadi emang 3 jurusan itu erat banget hubungannya. teknik planologi banyak banget dibutuhkan di perumahan. selain itu bisa juga kerja di pemerintahan di badan pertanahan ato dinas tata kota. bisa juga di transportasi dan pariwisata. bahkan kebanyakan lulusan plano juga masuk ke BANK karena dapet ilmu perencanaan ekonomi makro.

oya aku pernah denger dari cerita temen ibuku yang kerja di perusahaan perumahan milik negara (hayo tau ga? hehe) beliau ini lulusan teknik sipil ITB. wow, wow! katanya ya jaman dulu tu teknik planologi bisa diibaratkan 'jurusan buangan' ITB. jadi kalo ada yang ga masuk mana2 milih de jurusan ini. tapi kenyataannya sekarang malah di tempat kerja beliau, banyak banget yang sukses dari jurusan planologi.

yah tapi gimana pun juga semua itu balik lagi ke faktor keberuntungan. siapa si skrg yang jamin lulusan 'ini' lulusan 'itu' pasti langsung dapet kerja? kembali lagi juga ke usaha dan prestasi kita.

see, gimana udah clear tentang teknik planologi?

untuk info lebih jelasnya aku juga udah nanya2 di forum Yahoo! Answers. bisa coba KLIK
di sini ato dari penanya lain di Y!A. selamat melihat, semoga tertarik :)

11 comments:

  1. tante saya dosen planologi undip,, katanya jarang ada yang mw masug sana.. TT

    ReplyDelete
  2. iya mang gitu. mang kurang dikoar2in ni jurusan. hoho btw di sini juga bukan maksud promosi tapi menjelaskan apa itu planologi :)

    selanjutnya? terserah yang baca ya. hehe

    ReplyDelete
  3. thx ya infonya.
    saya tertarik loh bgitu guru saya ngomongin sekilas tentang planologi. yaitu penataan kota. saya tertarik ama bangun membangun. saya sangat ingin masuk asrsitektur dan sipil. begitu denger planologi, jadi pengen masuk situ juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya senang bisa membantu walau sebatas sharing-sharing saja. Semoga sukses ya :)

      Delete
  4. keren bgt planologi... banyak pengalaman.. apalagi yang suka traveling jurusan ini sangat cocok. hihihi..cz saya juga planologi unissula 2007.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali. Jalan-jalannya juga berkualitas karena pasti terencana mau ngapain-ngapain sudah ngerti hehehe

      Delete
  5. Setelah saya memutuskan untuk meng"fix"kan jurusan ini. Karena my wish saya jadi walikota bandung. Rasanya pengen ngubah aja desain tata kotanya. Rasanya jurusan ini pas banget. Tp masalahnya jurusan ini memprioritaskan anak IPA. Sedangkan ini lebih ke sosial. Budaya. Geografi. Kan gangerti kalo lintas minat ada soal fisika. Kimia (meskipun ada di sosial tp hanya peminatan saja. Yang gaminat tidur juga gapapa dan saya akhirnya tidur) tapi kalo biologi ya syukur mudeng tentang bagian tubuh manusia doang hahaha. Tp emang bener IPS bisa masuk sini? Saya liat di commentar blog lain pada anak IPA semua...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dasarnya jurusan ini kan teknik ...jadi ipa

      Delete
    2. Memang benar kalau dari ilmu yang akhirnya dipelajari, planologi lebih banyak menekankan ilmu sosial daripada ilmu alamnya (paling pol fisika, itu juga sekelumit). Tapi, karena masuk fakultas teknik jadi pendaftar memang seharusnya berasal dari jurusan IPA. Kalau memang berminat, mungkin bisa masuk tes IPCampuran di SBMPTN. Skrg masih ada tidak ya? Dulu jaman saya seperti itu hehehe

      Delete
  6. Smg ngerti apa yang saya maksud. Grammer indo saya jelek hehehe. Dank u

    ReplyDelete

We highly appreciate your opinion!
Terima kasih atas komentarnya!