8/11/11

Pertemuan Perencana Muda Se-Asia Pasifik

International Young Planners Forum atau yang bisa disingkat menjadi IYPF ini merupakan sebuah forum internasional yang diikuti oleh para perencana muda di Asia – Pasifik. Pertama kali diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia pada tahun 2010. IYPF yang kedua diadakan pada tahun 2011 ini di Kota Yogyakarta, Indonesia selama 3 hari yaitu tanggal 13-15 Juli 2011. IYPF kali ini diikuti oleh 150 peserta yang terdiri dari perencana muda Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Australia. Dari Indonesia sendiri selain dari Young Planner IAP (Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia) juga diikuti mahasiswa dari ITB, Undip, UNS, UGM, dan ITS.

Foto Bareng Peserta IYPF
Pada IYPF tahun ini, panitia mengambil tema End of Cities alias bagaimana kita menyikapi hal-hal yang berkaitan era millenium ini yang mana penduduk di kota-kota besar semakin bertambah padat. Pada akhirnya segala persediaan kebutuhan semakin terbatas dan setiap orang harus saling bersaing untuk mendapatkannya. Untuk itulah diperlukan perencanaan yang tepat dan memperhatikan pembangunan berkelanjutan untuk mengatasi "kiamat dari kota-kota" ini.

Acara ini menarik sekali menurut saya karena kapan lagi para perencana-perencana muda dari 4 negara bisa berkumpul berdiskusi bersama. Dari keempat negara yang presentasi menurut saya presentator dari Singapura yang paling membuat semua peserta terkesima. Perencanaannya begitu mendetail dan mampu menampilkannya dengan sangat menarik. Ada dua presentator dari SIP (Singapore Institute of Planning) yaitu Wang Yan dan Hrydhal Damani. Wang Yan menjelaskan tentang pentingnya penyediaan air bersih di Singapura yaitu dengan prinsip ABC (Active, Beautiful, Clean Water). Penataan drainase beserta taman-taman kota begitu mencengangkan karena sangat rapi, bagus, dan canggih.

Ini yang Namanya Wan Yan (dua dari kiri)
Pada akhirnya acara IYPF ini bertujuan membuat sebuah kesepakatan dari perencana-perencana muda ini yang bernama Yogyakarta Action Plan. Kesepakatan itu berisi langkah-langkah yang seharusnya diambil dalam perencanaan kota yang berkelanjutan. Acara IYPF ini ditutup pada tanggal 15 Juli 2011 dengan melakukan field trip ke objek-objek wisata di Yogyakarta dan sekitarnya. Para bule-bule ini si pada milih ke Borobudur dan Prambanan. Ada juga yang memilih ke Merapi serta Keraton Yogyakarta.

Kesepakatan 4 Negara buat Yogyakarta Action Plan
Pilihan Favorit Para Peserta Bule: Borobudur
Mejeng lah di Depan Banner 2nd IYPF :P
Di Keraton Yogyakarta
Kira-kira akan ada The 3rd IYPF ga ya di tahun 2012? Barangkali dilaksanakan di Australia, wow pasti menyenangkan pengen ikutaaan! *langung nabung* :D

Foto Bareng Rayi RAN
NB: Oya di akhir acara malah ketemu sama RAN di hotel hahaha foto bareng deh :P

No comments:

Post a Comment

We highly appreciate your opinion!
Terima kasih atas komentarnya!