2/23/11

Hedon Irit Ke Bali (Bagian III: Budget)


Sebenernya saya ga nyampe kepikiran buat posting ini, tapi gara2 dicibir temen2 kayak "Gila, udah habis berapa zul ke bali?", "Backpacker ko naik pesawat?", "Pasti abis ampe 5juta ya zul?" bla, bla, bla... Wah pada ngira ni saya ngabisin duit banyak ni. Hohoho, mari saya jabarkan berapa besar uang yang saya keluarkan buat liburan ke bali ini.

Dimulai dari biaya transport, jujur inilah bengkak paling menyakitkan. Gara2 Mandala bangkrut jadi harus nyari maskapai lain buat ke bali dan alhasil harus keluar kocek lebih banyak deh. Andaikan mandala bener2 fix saya menghabiskan transport PP 667.000 plus airport tax JOG Rp30rb DPS 40rb plus biaya bis pulang dr Jogja ke Semarang 35.000 (berangkatnya gratis krn rencana mau dianterin kondhe). Di Denpasar, keluar dari airport wajib pake taksi Bandara. Biaya ke Legian tempat saya menginap tarifnya Rp55.000. Jadi total buat transport Rp827.000

Hari Pertama, bisa dibilang inilah hari berbudget keluar paling banyak. biaya yang kepake pertama jelas transport. karena di Bali hampir ga ada transport umum jadinya ke mana2 turis diharuskan nyewa kendaraan. saya dan teman2 nyewa mobil+supir 10 jam 350.000 plus extra charge 2 jam sebesar 60rb. karena rame2 ya jadinya dibagi jadinya saya iuran Rp82.000. Wisata pertama watersport di Tanjung Benoa Rp430.000 itu udah paketan scuba diving 60 menit, parasailing 1 putaran, banana boat, jasa foto+video underwater, CD hasil foto, plus makan siang (nasi goreng). abis itu cuma jalan2 aja dan berakhir makan di Jimbaran yang gratis dibayarin kondhe :P Andaikan aja saya harus bayar, total makanannya Rp465.000 buat porsi rame2 looo kalo dibagi2 yaaa jatuhnya perorang Rp93000. Masih terhitung murah untuk kelas seafood di Jimbaran.

Hari Kedua, biaya yang kepake pertama kali adalah transport sewa mobil ke Ubud sekitar 6 jam Rp 300.000 udah sama supir. Dibagi2 jadi saya cuma bayar Rp60.000. Di Ubud saya makan siang di restoran Bebek Bengil harganya Rp100.000 (restoran mewah dgn view terbaik di Ubud, very recommended minimal buat sekali seumur hidup).

Hari ketiga, karena acaranya free ga da pengeluaran khusus di sini. Cuman kita harus bayar PENGINAPAN hehehe selama 3 hari 3 malam (saya tiba di bali malam soalnya) biaya penginapannya per malam per orang Rp90.000 udah plus breakfast. Karena 3 hari jadi totalnya Rp270.000.

Itu untuk biaya2 pokok ya, untuk biaya2 lainnya kayak makan sehari2, beli minum, jajanan, oleh2, tiket masuk, dll setelah dikalkulasikan sekitar Rp200.000. Oke sekarang mari kita jumlahkan semuanya
  1. Transportasi PP (udah termasuk pajak2) 827.000
  2. Sewa Mobil Hari 1 plus supir 82.000
  3. Watersport 430.000
  4. Sewa Mobil Hari 2 plus supir 60.000
  5. Bebek Bengil 100.000
  6. Penginapan 3 malam 270.000
  7. Biaya lain2 jajan + oleh-oleh 200.000
Total Rp 1.969.000 all in! See bahkan ga ampe nyentuh 2 juta lo :p
Maka dari itu kenapa postingan ini saya kasi judul Hedon Irit ke Bali. Yah jujur levelnya si udah menjurus ke hedon liburannya tapi tetep hemat di budget kan?

jadi ada yang mau ke Bali sekarang juga? selamat menikmati :)

No comments:

Post a Comment

We highly appreciate your opinion!
Terima kasih atas komentarnya!