2/14/09

Review: Tintin Pernah ke Indonesia!


Mungkin ada yang udah tau bahwa Tintin, si pahlawan ato seorang wartawan alias detektif muda dalam serial komik asal Belgia yang sering keliling dunia itu, pernah mampir ke INDONESIA. yaa Indonesia pernah masuk dalam jajaran komik karya Herge itu dengan judul PENERBANGAN 714.

kisahnya dimulai ketika Tintin beserta jajaran 'genk'nya mau melakukan penerbangan ke Sydney, Australia, untuk menghadiri seminar angkasa. Tintin diundang karena dialah orang yang pertama kali mendarat di bulan (menurut dunia cerita Tintin). Sebelum ke Sydney, mereka transit dulu di bandara kemayoran, Jakarta, Indonesia. hmm kalo dilihat di suasana bandaranya terlihat seperti bandara Soekarno-Hatta. Namun, dari cerita aslinya si penulis memang menyebut bandara tersebut dengan KEMAJORAN AIRPORT.

pertama baca aku kira memang di Indonesia hanya transit aja kemudian petualangan terjadi di Australia, tapi ternyata isi cerita fuull terjadi di Indonesia. ceritanya saat telah lepas landas menuju Sydney, pesawat mereka seperti telah 'dibajak' oleh sekelompok yang punya niat jahat dengan alasan perampokan. dan saat itu diceritakan mereka menghubungi radio menara bandasa Makassar di Sulawesi. dilaporkan pesawat mereka sedang melintas di pulau flores. saat itu ada gambar pesawat menabrak layar kapal dan si nelayan mengumpat dengan bahsa Indonesia (kalau baca yang serial bhs Inggrisnya). akhirnya mereka melakukan pendaratan terencana di pulau Bompa. dari hasil googling, pulau Bompa terletak di laut Sulawesi.

di sini petualangan pun terjadi. dengan aksi2 Tintin dan kawan2nya yang harus melepaskan diri dari para penjahat itu. uniknya di sini, karangan pun dimulai. Pulau Bompa tadi merupakan gugusan pulau negara SONDONESIA. dari hasil googling lagi, sondonesia adalah gabungan dari SUNDA - INDONESIA. dan pada masa itu di negara Sondonesia sedang terjadi perang saudara sehingga masyrakatnya diperalat oleh para penjahat itu dengan iming2 perdamaian.

di akhir cerita kita mendapat kesimpulan bahwa pulau Bompa adalah pulau markas Alien atau piring terbang saat mau berkomunikasi dengan penduduk bumi. hahaha cukup unik. mereka secara tiba2 menyelamatkan Tintin dan kawan2nya tapi dengan konsekuensi Tintin bakal lupa dengan peristiwa ini.

Nah bagi yang mau liat PETUALANGAN TINTIN DI INDONESIA, silakan baca buku ini. inget ya judulnya PENERBANGAN 714

No comments:

Post a Comment

We highly appreciate your opinion!
Terima kasih atas komentarnya!